TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI ALAMAT ENDY TIGER MA BLOG

78

di larang curi di sini JIKA MAU KOMENTAR DI BAWAH KOLOM KOMENTAR ADA PILIHAN NAH NANTI BERI KOMENTAR SEBAGAI (anonymous) SUPAYA KOMENTAR KAMU BISA TERTAMPIL....ITU CARA BAGI YANG MASUK TIDAK MELALUI EMAILdi larang curi di sini

Kamis, 12 September 2013

JEJAK KAPITALISME EKSTRATIF DI BUMI PAPUA

JEJAK KAPITALISME EKSTRATIF DI BUMI PAPUA

Sejak operasi pertambangan Freeport McMoran Tahun 1967 hingga saat ini, papua telah masuk dalam cengkraman kapitalis ekstratif yang memberikan perioritas pada keamanan energi, material dan investasi (finance kapital) lebih utama ketimbang keselamatan alam dan manusia lokal.
Jakarta 27 mei 2011 presiden sosilo bambang yudoyono secara masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi indonesia(MP3EI) 2011-2015. Kabupaten timika papua termaksud satu dari empat daerah yang dipusatkan bagi 17 proyek groudbreakeng ini. Proyek-proyek jalan raya timika-enarotali sepanjang 135 km dengan investasi senilaiRp 600 miliar yang akan dilaksanakan oleh pemprov papua da pemkab merauke. Selain itu, juga direncanakan proyek pembangunan jalan rayadari merauke-waropko sepanajang 600 km yang membutuhkan dana sebesar 1,2 triliun
Bagi papua MP3EI adalah tahap berikut dari skema pengurasan sumber daya alam. Momentum ini tidak terpisahkan dari kontrak jangka panjang Indonesia dengan perusahan tambang Freeport McMoRan di papua. Disusul kemudian ratusan investasi yang memutilasi ruang bumi papua dalam konsensi-konsensi tambang,migas,perkebunan,,indsutri kehutanandan proyek-proyek lainya. Tidak ada yang memungkiri, berbagai kejahatan kemanusiaan dan linkungan turut terjadi sejak perusahaan-perusahaan itu beroperasi.


JEJAK KAPITALISME EKSTRATIF


Sejak operasi pertambangan freeport-McMoRantahun 1967 hingga saat ini, papua telah masuk dalam cengkraman kapitalisme esktraktif yang memberikan prioritas pada keamanan aliran energi, material dan investasi (finance kapital) lebih utama ketimbang keselamatan alam dan manusia lokal. Tata ruang di papua kini penuh sesak konsensi-konsensi pertambangan dan migas yang dikenal memiliki daya rusak besar secara permanen pada lingkunagan. Papua juga menjadi incaran indutri perkebunan skala besar baik yang terkait atau tidak dengan MP3EI . Industri kehutanan (loging) juga marakk merambah segenap penjuru kawasan hutan dipapua. Data dinas kehutanan untuk kegiatan pertambangan di papua yang telah di izin kan 42 unit dengan total luas 96.563 Ha. Kementrian ESDM mengaku tidak memiliki data dari izin usaha pertabangan (IUP) data yang di keluarkan pemerintah daerah. Saat ini ada 60 izin (papua 26 izin dan papua barat 34 izin) meliputi luas sekitar 961.372,39 hektar.itu belum termaksutizin baru dari kabupaten,Konsesi Kontrak Karya(KK) ,perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKB2B) dan Wilayah Kerja Migas.
Konsesi kontrak karya (kk) perjanjian karya pengusahaan pertambangna batubara (PKB2B) dan wilayah kerja migas oleh pemerintah masih mendominasi peruntukan lahan di papua. Peta ruang konsesi pertambangan dan migas menjadi bukti nasifnya konsolidasi lahan untuk kepentingan industri keruk.Knsesi tambang yang notabene di keluarkan oleh pemerintah pusat menyisakan sedikit ruang bagi daerah kabupaten.di Kabupaten Tolikarapapua,hanya tersisa tidak lebih 50% wilayah kelola daerah setelah di kurangi berbagai konsesi tambang termaksuk konsesi freeport dan kawasan lindung kehutanan.tidak sedikit perseteruan berlanjut hingga proses gugatan pengadilan atau para bupati yang mbalelo dengan mengeluarkan izin pertambangan di lokasi yang sama.pada akhirnya keputusan yang kental  dengan praktik korup ini menjadi”bom waktu”konflik di kemudian hari.
Kewenangan besar kepala daerah kabupaten seringkali berbenturan dengan agenda pemerintah pusat.Terjadi tumpang tindih peruntukan lahan hingga konflik kepentingan atas penguasaan sumber daya alam yang makin di perparah dengan praktik korupsi dan kolusi.
Dilapangan perampasan paksa berlangsungsecara kasat mata.mega proyek LNG Tangguh telah merampas 50 Ha lahan marga S owai di kampung Tanah Merah lama. PT freeport juga telah mengambil paksa tanah adat orang Amungme.Tragedi kelaparan dan kematian massal warga di distrik Kwor,Kabupaten Tambruw.Konflik konsesi tambang antara PT.Akram resources dan PT.Choice Plus Energi petroleum di duga telah menyebabkan kerusakan lingkungan di kawasan cakaralam Tambrauw utara juga di Suaka Marga Satwa Jamursbamedi.

sumber: NAPAS
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

onma

bagaimana dengan blog saya menurut anda

( Translate ) Sodara mau terjemahkan tulisan pake bahasa apa silahkan