TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI ALAMAT ENDY TIGER MA BLOG

78

di larang curi di sini JIKA MAU KOMENTAR DI BAWAH KOLOM KOMENTAR ADA PILIHAN NAH NANTI BERI KOMENTAR SEBAGAI (anonymous) SUPAYA KOMENTAR KAMU BISA TERTAMPIL....ITU CARA BAGI YANG MASUK TIDAK MELALUI EMAILdi larang curi di sini

Senin, 17 September 2012

FILM Innocence of Muslim


Youtube Hapus Film yang Gambarkan Nabi Muhammad Gay


                                                     (sumber gambar : article.wn.com)

Jakarta – Kontroversi seputar film “Innocence of Muslims” yang dianggap menghina nabi Muhammad SAW, membuat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ikut bereaksi. Mereka meminta umat Islam di Indonesia tidak seperti di Libya yang bertindak anarkis hingga menewaskan Dubes AS untuk Libya J. Christopher Stevens dan tiga stafnya.
“Masyarakat muslim Indonesia diharap untuk tidak terprovokasi dalam merespons peredaran film tersebut dengan melakukan tindakan di luar koridor hukum. Kami yakin, muslim Indonesia yang dikenal moderat dapat menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang justru kontraproduktif bagi Islam di Indonesia,” jelas Ketua DPP PPP Arwani Thomafi, Jumat (14/9/2012).
Menurut Arwani, seharusnya pemerintah bisa secepatnya merespon persoalan yang sangat sensitif ini. Agar, persoalan seperti yang terjadi di Libya tidak terjadi di Indonesia.
“Pemerintah dapat secara aktif untuk menekan pihak-pihak yang terkait dalam pemuatan dan peredaran film tersebut. Respons masyarakat muslim di berbagai dunia semestinya dapat direspons secara cepat oleh pemerintah RI, agar kejadian serupa tidak terjadi di tanah air,” kata anggota Komisi V DPR ini.
Untuk itu, cara yang paling efektif adalah dengan memberdayakan Kemenkominfo. Tayangan yang beredar bisa ditutup oleh Kemenkominfo.



                                                (sumber gambar : religionnews.com)




Pemerintah RI dapat melakukan diplomasi terkait kontroversi film tersebut dengan pihak terkait, termasuk meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera memblokir peredaran film tersebut,” katanya.

Youtube yang diakses The Globe Journal pada 22.55 Jumat malam (14/09/2012) telah menghapuskonten trailer video Inoncent of Muslim. Tetapi video ini masih dapat dinikmati di beberapa negara lain di luar Indonesia.

SINOPSIS FILM 

Judul film: Innocence of Muslim
Sutradara: Sam Bacile (nama samaran)
Konsultan film: Steve Klein, aktifis Kristen militan.
Kebangsaan: Israel (menurut pengakuannya pada AP dan Wall Street Journal)
Biaya: $5 juta dolar.
Donatur: Lebih dari 100 orang Yahudi.[1]
Durasi : 2 jam
Pembuatan: Musim panas 2011
Jumlah pemain: 59 aktor
Jumlah kru: 45

Rencana ke depan: Ingin membuat film serupa sepanjang total 200 jam serial dengan kisah serupa yaitu penghinaan pada Islam.
Yang terlibat dalam pembuatan film: (a) sejumlah warga Amerika yang pernah tinggal di Timur Tengah; (b) Warga Mesir beragama Kristen Coptic
Ditayangkan di Youtube: 12 Juli 2012 14 menit trailernya ditayangkan di Youtube
Diputar di Gereja: 11 September 2012 diputar di Gereja oleh Terry Jones pendeta Amerika yang pernah mengkampanyekan pembakaran Quran.
Sinopsis
Sinopsis cerita film adalah memfitnah Nabi Muhammad dalam gambaran yang sangat keji yaitu dengan menuduh Rasulullah sebagai pendukung fedofilia dan homoseks dan menggambarkan beliau sedang berhubungan intim.
Film Innocence of Muslims ini menarik perhatian dunia Arab setelah ditulis oleh blogger Kristen Koptik asal Mesir bernama Morris Sadek yang kewarganegaraan Mesir-nya telah dicabut karena menyerukan agar Mesir diserang.
Morris Sadek yang saat ini tinggal di California AS mendirikan grup anti Islam bernama National American Coptic Assembly.

MISTERI SAM BACILE SUTRADARA FILM INNOCENCE OF MUSLIMS

Menurut hasil investigasi AP (Associated Press) Sam Bacile adalah nama samaran. Nama sebenarnya kemungkinan adalah Nakoula Basseley Nakoula seorang pengikut Kristen Koptik yang tinggal di California, AS.
Namun Nakoula menolak kalau dialah sang sutradara walaupun dia mengakui mengenal Sam Bacile.
Menurut AP, ponsel yang menelpon AP pertama kali pada hari Selasa yang mengaku dari Sam Bacile sama dengan alamat di Los Angeles tempat di mana Nakoula berada.
Nakoula mengatakan pada AP bahwa ia seorang pengikut Kristen Koptik.
Nama alias lain dari Nakoula adalah Nicola Bacily dan Erwin Salameh.

REAKSI MUSLIM ATAS INNOCENCE OF MUSLIMS

- Di Benghazi, Libya terjadi protes di Konsulat Amerika yang berakibat tewasnya Dutabesar Amerika untuk Libya bersama tiga staff Amerika yang lain.
- Di Kairo, Mesir protes massal di Kedutaan AS di Kairo dengan penurunan bendera Amerika. Tidak ada yang tewas.
- Di Afghanistan, pemeirntah Afghan memblokir situs jejaring Youtube yang menyiarkan video tersebut.
- Di Indonesia, Kemenkominfo akan memblokir video tersebut di Youtube. Namun sampai tulisan ini dibuat film tersebut masih bisa diakses.

Para Pemain Merasa Tertipu 

Cindy juga merasa takut saat menyaksikan hasil produksi film tersebut yang kemudian memicu kontroversi.
Cerita tentang nabi Muhammad yang kemudian memicu protes keras di Libya dan Mesir memang menyita perhatian dunia. Anehnya, para pemain di film tersebut tidak tahu menahu jika mereka memerankan film yang menunjukkan propaganda anti-Islam tersebut dengan menggambarkan nabi Muhammad sebagai seorang yang kejam.
Mereka merasa ditipu oleh sutradara yang membesut film tersebut. Para pemain hanya mengetahui, jika mereka terlibat dalam pembuatan film tentang kehidupan masyarakat di Mesir 2000 tahun lalu.
Cindy Lee Garcia, seorang aktris dari Bakersfield, California yang ikut terlibat dalam film tersebut mengaku tidak tahu menahu akhirnya tema film tersebut berubah. Dalam film itu, Cindy berperan sebagai ibu dari seorang perempuan yang memberikan anak perempuannya dinikahi sosok yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad dalam film.
Seperti yang dikutip situs gawker.com Cindy mengungkapkan dirinya merasa heran dengan hasil dari film tersebut yang menurutnya tidak sesuai dengan tema asalnya, seperti yang dijelaskan saat dirinya mengikuti casting, musim panas lalu. Menurutnya, dalam naskah tertulis judul film adalah Desert Warriors.
“Di awal saya membaca naskah dan dijelaskan jika film ini menceritakan kejadian 2000 tahun lalu di Mesir,” ujar Cindy.
“Yang jelas, isi film tidak menyinggung masalah agama, ini murni merupakan cerita tentang kehidupan masyarakat di Mesir dan tidak disebutkan adanya Muhammad, muslim dan apapun itu yang berkaitan dengan agama,” tegasnya.
Ia juga menceritakan, dalam proses syuting dirinya tidak menemukan keanehan karena semua sesuai dengan skenario dan naskah yang sudah dipelajari para pemain. Namun ia merasa heran ketika judul tersebut menjadi Innocence Muslims.
Menurutnya tidak ada sama sekali kata-kata Muhammad. Tokoh yang disebut adalah Master George. Ia yakin, jika kata Muhammad ditambahkan saat pasca produksi.
Ia juga memberikan bukti, di menit ke 9:03, Cindy dalam kisah tersebut bertengkar dengan suaminya yang ingin memberikan anaknya ke seseorang.
“Apakah Muhammad seorang penyiksa?” ujar tokoh yang diperankan Cindy di hasil pasca produksi.
Namun Cindy berkilah, percakapan yang terjadi saat syuting adalah, “Apakah tuanmu adalah penyiksa,” terang Cindy.
Cindy juga merasa takut saat menyaksikan hasil produksi film tersebut yang kemudian memicu kontroversi dan sampai menimbulkan tragedi berdarah di Libya yang menewaskan empat orang dari kedutaan besar Amerika Serikat.
“Saya tidak ada hubungannya dengan hal ini semua. Saya merasa takut karena film ini membuat orang lain tewas,” terangnya.
Syuting film tersebut, menurut Cindy dilakukan Juli lalu selama tiga hari. Banyak hal aneh yang dirasakan Cindy, seperti sutradara dan penulis naskah yang misterius. Sam Bacile diklaim sebagai pengusaha real estat asal Israel namun menurut pengakuan Cindy, Bacile memiliki rambut putih dan berbicara bahasa Arab dan berdarah Mesir.
Bacile, menurut Cindy juga menyebut sosok kontroversi tersebut sebagai Master George. Cindy juga merasa marah karena merasa ditipu sutradara. Bahkan ia sempat menghubungi Bacile dan mengungkapkan kekecewaannya.
“Aku menghubungi Sam, aku bilang kenapa Anda melakukan ini. Ia menjawab jika dirinya sangat lelah dengan perilaku orang-orang Islam radikal yang saling bunuh. Biarkan para aktor mengetahui, jika ini bukan salah mereka,” ujar Cindy menirukan ucapan Sam.
“Tapi aku tidak puas dan berencana menuntutnya,” imbuh Cindy.
Melalui CNN, 80 kru dan pemain telah merilis sebuah pernyataan yang menyatakan mereka merasa ditipu. Mereka marah dan merasa dimanfaatkan oleh produser karena saat memulai produksi tidak ada penjelasan tentang menyebutkan agama tersebut.
Seluruh pemain dan kru sangat marah dan merasa dimanfaatkan oleh produser. Kami adalah 100% tidak di belakang film ini dan terlalu menyesatkan tentang niat dan tujuannya. Kami sangat terkejut oleh drastis menulis ulang dari script dan kebohongan yang diberitahu kepada semua yang terlibat. Kami sangat sedih dengan tragedi yang telah terjadi. [Inilah, The Globe Journal, Sekedar Tahu Aja, You Tube].

                                                    (sumber : youtube file)



 Sumber berita : theglobejournal.com...//////   http://www.ourvoice.or.id




»»  baca selanjutnya...

Sabtu, 15 September 2012

KAMPUS TERMAHAL DI INDONESIA


8 Kampus Universitas Swasta Termahal di Indonesia




Biaya kuliah menjadi pertimbangan utama bagi orangtua ketika memasukkan anak mereka ke perguruan tinggi. Tentu saja biaya kuliah harus sesuai dengan kantong orangtua.

Sebuah blog menuliskan, delapan perguruan tinggi swasta dengan biaya perkuliahan paling mahal. Kategori mahal terbagi menjadi tiga, yakni sangat mahal dengan kisaran minimal Rp100 juta atau lebih, cukup mahal (Rp80 juta-Rp100 juta), dan relatif mahal dengan rentang biaya terlalu jauh, yakni Rp50 juta-Rp100 juta.

Pemilihan kedelapan kampus swasta ini berdasarkan beberapa kriteria penilaian, yaitu asumsi total biaya selama 8-10 semester merupakan program reguler, bukan kelas internasional bukan biaya kuliah untuk program studi kedokteran, kedokteran gigi, maupun medis hanya murni biaya pendidikan, belum termasuk sumbangan sukarela serta total biaya terbagi menjadi dua, yaitu minimal dan maksimal. Disebut termahal karena diurutkan dari total biaya minimal ke maksimal.

Kategori sangat mahal

1. President University
www.president.ac.id/

Kampus yang berada di daerah Cikarang, Jawa Barat, ini merupakan kampus internasional kedua di Indonesia. Berdiri pada 2001, kampus ini mematok biaya perkuliahan sebesar Rp25 juta per semester. Jika dihitung, untuk mencapai gelar S-1, dibutuhkan biaya Rp250 juta.

2. Swiss German University (SGU)
www.sgu.ac.id/

Berdiri pada 2000 lalu, SGU merupakan kampus bernuansa internasional pertama di Indonesia. Dengan suasana kompleks yang nyaman dan asri, kampus yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, ini menetapkan biaya kuliah mulai dari Rp24 juta-Rp28 juta per semester. Jadi, untuk memperoleh gelar S-1, orangtua harus mengeluarkan dana sebesar Rp223 juta-Rp247 juta.

Kehadiran tenaga pengajar asing, mungkin menjadi salah satu alasan kampus ini mematok harga yang cukup mahal.

3. Universitas Pelita Harapan (UPH)
www.uph.edu

Kampus yang berdiri sejak 1996 ini memiliki biaya rata-rata kuliah sebesar Rp9 juta-Rp15 juta tiap semester. Sementara, biaya yang harus dikeluarkan hingga meraih titel sarjana adalah sebesar Rp130 juta-Rp200 juta.

Kampus yang menjadi tempat kuliah beberapa selebriti seperti si kembar Marcel dan Mischa Chandrawinata, serta Marshanda ini memberikan fasilitas sesuai dengan biaya perkuliahan. Mulai dari pusat olahraga seperti kolam renang, lintasan atletik, hingga pusat perbelanjaan ada di kampus yang berlokasi di Lippo Karawaci ini.

Kategori cukup mahal

4. Universitas Ciputra (UC)
www.ciputra.ac.id

Meski terbilang baru berdiri, yakni pada 2006 lalu, universitas yang didirikan oleh Ir. Ciputra ini mematok harga yang cukup mahal untuk biaya perkuliahan terutama untuk kota seukuran Surabaya. Rata-rata biaya kuliah Rp9 juta-Rp16 juta. Sehingga untuk perkuliahan selama 8-10 semester, dibutuhkan Rp83 juta-Rp160 juta.

5. Universitas Trisakti (Usakti)
www.trisakti.ac.id/

Sejak berdiri 46 tahun lalu hingga 1998, Usakti menjadi kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baru. Namun, setelah 1998 dengan bermunculan kampus baru yang cukup banyak, peminat Usakti menjadi menurun.

Kampus tempat Nycta Gina alias Jeng Kelin berkuliah ini memiliki biaya kuliah rata-rata Rp9 juta-Rp12 juta tiap semester. Sehingga untuk meraih S-1, harus mengeluarkan biaya sebesar Rp90 juta-Rp120 juta.

Kategori relatif mahal

6. Universitas Tarumanegara (Untar)
www.tarumanegara.ac.id

Kampus yang merupakan tetangga Usakti di Grogol, Jakarta Barat juga mematok biaya kuliah yang cukup mahal. Pasalnya, untuk biaya perkuliahan tiap semester, harus merogoh kocek sebesar Rp7 juta-Rp10 juta. Maka, untuk meraih gelar sarjana di kampus yang juga dimiliki oleh Ciputra, diperlukan biaya sebesar Rp65 juta-Rp120 juta.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus)
www.binus.ac.id

Kampus yang terkenal dengan jurusan Teknologi Informasi ini mematok biaya kuliah sebesar Rp6 juta-Rp9 juta tiap semester. Biaya yang harus dikeluarkan selama 8-10 semester yakni Rp61 juta-Rp107 juta.

8. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ)
www.atmajaya.ac.id

Kampus yang berlokasi di Semanggi, Jakarta Selatan ini memiliki biaya kuliah yang relatif mahal. Sebab, teradapat program studi dengan biaya kuliah cukup murah, namun ada pula beberapa program studi dengan biaya yang cukup mahal.

Kampus yang menjadi favorit dalam jurusan psikologi ini memiliki rata-rata biaya kuliah Rp3 juta-Rp10 juta per semester. Sehingga, untuk meraih gelar sarjana pada kampus dengan jaket almamater berwarna oranye ini dibutuhkan Rp25 juta-Rp110 juta. (rhs)

Sumber: Okezone

tapi tunggu dulu, walaupun mahal tapi memang fasilitas yang didapat worth kok
jadi kalo memang ada duit, why not? kualitas juga ga kalah ma PTN

»»  baca selanjutnya...

sejarah PON


Awal Lahirnya PON :

Pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta telah terbentuk Persatuan Sepakbola yang bersifat kebangsaan dengan nama Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia disingkat PSSI dengan ketuanya Ir. Soeratin Sosrosugondo. Pembentukan persatuan nasional tersebut merupakan tindakan dari kalangan bangsa Indonesia, karena ingin mengatur Organisasinya sendiri. PSSI sejak tahun 1931 menyelenggarakan kompetisi tahunan antar kota/anggota, dan tidak ikut serta dalam pertandingan-pertandingan antar kota yang diadakan oleh Belanda.
Berkat perkembangannhya yang baik, pada tahun 1938 pihak Belanda melalui Persatuan Sepakbolanya, Nederlandsch Indiesche Voetbal Unie (NIVU) mengadakan pendekatan dan kerjasama dengan PSSI. Jejak Sepakbola ini dikuti oleh cabang olahraga Tennisdengan berdirinya Persatuan Lawn Tennis Indonesia (PELTI) pada tahun 1935 di Semarang. Berkedudukan di Jakarta (waktu itu bernama Batavia), pada tahun 1938 lahirlah Ikatan Sport Indonesia dengan singkatan ISI, satu-satunya badan olahraga yang berifat Nasional dan berbentuk federal. Maksud dan tujuannya adalah untuk membimbing, menghimpun dan mengkoordinir semua cabang olahraga, antara lain, PSSI, PELTI dan Persatuan Bola Keranjang Seluruh Indonesia (PBKSI), yang didirikan pada tahun 1940.
ISI sebagai koordinator cabang-cabang olahraga pada tahun 1938 pernah mengadakan Pekan Olahraga Indonesia yang dikenal dengan nama ISI – Sportweek, Pekan Olahraga ISI.
Serangan jepang secara mendadak pada tanggal 8 Desember 1941 terhadap Peral Harbour (pelabuhan mutiara) menimbulkan perang pasifik. Dengan masukknya Jepang ke Indonesia pada bulan Maret 1942, ISI oleh sebab adanya berbagai kesulitan dan rintangan tidak bisa menggerakkan aktivitasnya sebagaimana mestinya. Pada zaman Jepang gerakan keolahragaan yang ditangani oleh suatu badan yang bernama GELORA (singkatan dari Gerakan Latihan Olahraga), yang terbentuk pada masa itu. Tidak Banyak peristiwa olahraga penting tercatat pada zaman Jepang selama tahun 1942-1945, oleh karena peperangan terus berlangsung dengan sengit dan kedudukan Tentara Nippon terus pula terdesak. Dengan sendirinya perhatian Pemerintah Militer Jepang tidak dapat diharapkan untuk memajukan kegiatan olahraga di Indonesia.
Dengan runtuhnya kekuasaan Jepang pada bulan Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia membuka jalan selebar-lebarnya bagi bangsa kita untuk menangani semua kegiatan olahraga di tanah air sendiri.
Kegiatan-kegiatan ini pada awal kemerdekaan belum dapat digerakkan sepenuhnya, itu disebabkan perjuangan bangsa kita dalm mempertahankan dan menggerakkan kemerdekaan yang baru direbut itu, mendapat cobaan dan ujian. Sebagai akibatnya timbulah pertempuran di berbagai tempat, yang menjadi penghalang besar dalam mengadakan aktivitas keolahragaan secara tertib dan teratur. Namun demikian, berkat usaha keras para tokoh olahraga kita, pda bulan Januari 1946 bertempat di Habiprojo di Kota Solo diadakan kongres Olahraga yang pertama di alam kemerdekaan. Berhubung dengan suasana pada masa itu, hanya dihadiri oleh tokoh-tokoh olahraga dari pulau Jawa saja.
Kongres tersebut berhasil membentuk suatu badan olahraga dengan nama Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dengan menghasilkan susunan sebagai berikut :
Ketua Umum : Mr. Widodo Sastrodiningrat
Wakil Ketua Umum : Dr. Marto Husodo Sumali Prawirosoedirdjo
Sekretaris I : Sutardi Hardjolukito
Sekretaris II : Sumono
Bendahara I : Siswosoedarmo
Bendahara II : Maladi
Anggota : Ny. Dr. E. Rusli Joemarsono
Ketua Bagian Sepak Bola : Maladi
Ketua Bagian Basket Ball : Tony Wen (sementara)
Ketua Bagian Atletik : Soemali Prawirosoedirdjo
Ketua Bagian Bola Keranjang : Mr. Roesli
Ketua Bagian Panahan : S.P. Paku Alam
Ketua Bagian Tennis : P. Sorjo Hamidjojo
Ketua Bagian Bulutangkis : Sudjirin Tritjondrokoesoemo
Ketua Bagian Pencak Silat : Mr. Wongsonegoro
Ketua Bagian Gerak Jalan : Djuwadi
Ketua Bagian Renang : Soejadi (sementara)
Ketua Bagian Anggar/Menembak : Tjokroatmodjo
Ketua Bagian Hockey : G.P.H. Bintoro
Ketua Bagian Publikasi : Moh. Soepardi
Dalam kongres ini mulanya diajukan dua nama lainnya, yang akan diberikan kepada Badan Olahraga yang bakal dibentuk, yaitu ISI GELORA. Keduanya lantas tidak terpilih dan sebagai kesimpulan rapat kongres tersebut, diresmikanlah berdirinya PORI dengan pengakuan Pemerintah sebagai satu-satunya badan resmi Persatuan Olahraga yang mengurus semua kegiatan olahraga di Indonesia, yang fungsinya sama dengan ISI.
Sesuai dengan fungsinya, PORI adalah juga sebagai koordinator semua cabang olahraga dan khusus mengurus kegiatan-kegiatan olahraga dalam negeri. Dalam hubungan tugas keluar, berkaitan dengan Olimpiade dan Internassional Olynpic Commitee (IOC). Presiden Republik Indonesia telah melantik Komite Olympiade Republik Indonesia (KORI) yang diketuai oleh Sultan Hamengkubuwono IX dan berkedudukan di Yogyakarta.
Bagi Indonesia telah tiba saatnya untuk menenpuh langkah-langkah seperlunya, agar negara kita dapat ikut serta di Olimpiade – London pada tahun 1948. Olimpiade yang ke 14 ini adalah yang pertama setelah Perang Dunia ke II usai dan sejak tahun 1940 terpaksa ditiadakan selama delapan tahun.
Usaha Indonesia untuk dapat tiket ke London banyak menemui kesulitan. Setelah agresi pertama dilancarkan Belanda pada tanggal 21 Juli 1947, Sutan Syarir dan Haji Agus Salim terbang ke Lake Succes dan di forum Internasional (baca Sidang Umum PBB) kedua negarawan dan diplomat ulung ini dengan gigih memperjuangkan pengakuan dunia atas kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia.
PORI sebagai badan olahraga resmi di Indonesia belum menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC), sehingga para atlet yang bakal dikirim tidak dapat diterima berpartisipasi dalam peristiwa olahraga sedunia tersebut. Pengakuan dunia atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia yang belum diperoleh pada waktu tiu menjadi penghalang besar dalam usaha menuju London. Paspor Indonesia tidak diakui oleh Pemerintah Inggris, bahwa atlet-atlet Indonesia bisa ikut ke London dengan memakai paspor Belanda, tidak dapat diterima, karena kita hanya mau hadir di London dengan mengibarkan Dwi Warna Sangsaka Merah Putih. Alasan yang disebut belakangan inilah juga menyebabkan rencana kepergian beberapa anggota pengurus besar PORI ke London menjadi batal.
Masalah ini telah dibahas oleh konferensi darurat pada tanggal 1 Mei 1948 di Solo
Mengingat dan memperhatikan pengiriman para atlet dan beberapa anggota pengurus besar PORI ke London sebagai peninkau tidak membawa hasil seperti diharapkan semula, konferensi sepakat untuk mengadakan Pekan Olahraga, yang direncanakan berlangsung pada bulan Agustus/September 1948 di Solo. PORI ingin menghidupkan kembali pekan Olahraga yang pernah diadakan ISI pada tahun 1938, terkenal dengan nama ISI Sportweek, Pekan Olahraga ISI.
Kongres olahraga pertama diadakan di Solo pada tahun 1946 yang berhasil membentuk PORI. Ditilik dari penyediaan sarana olahraga, Solo dapat memenuhi persyaratan pokok, dengan adanya stadion Sriwedari serta kolam renang, dengan catatan Stadion Sriwedari pada masa itu termasuk yang terbaik di Indonesia. Tambahan pula pengurus besar PORI berkedudukan di Solo dan hal-hal demikianlah menjadi bahan-bahan pertimbangan bagi konferensi untuk menetapkan Kota Solo sebagai kota penyelenggara Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) pada tanggal 8 s/d 12 September 1948.
Dengan mengemukakan hal-hal yang telah diuraikan diatas, Kota Solo jelas telah menulis suatu riwayat di bidang olahraga dan hal ini akan terpatri sepanjang masa dalam sejarah bangsa Indonesia. Menggembirakan, karena juga di bidang lain, kota Solo telah menulis riwayatnya. Komponis terkenal Gesang telah menggubah sebuah lagu yang sangat laris pada zamannya, Bengawan Solo, riwayatmu ini. Kota Solo dengan berbagai riwayatnya telah menjadi kota kenangan, harus selalu dikenang baik dibidang olahraga maupun di bidang kesenian dan kebudayaan.
Maksud dan tujuan penyelenggaraan PON I adalah untuk menunjukkan kepada dunia luar, bahwa bangsa Indonesia, ditengah-tengah dentuman meriam, dalam keadaan daerahnya dipersempit akibat Perjanjian Renville, tegasnya dalam keadaan darurat massih dapat membuktikan, sanggup menggalang persatuan dan kesatuan bangsa, yang berbeda-beda suku dan agamanya, akan tetapi tetap bersatu kokoh dalam Bhineka Tunggal Ika.
Daftar Penyelenggaraan PON
Sejak penyelenggaraan ke-1, sampai saat ini, PON telah dilaksanakan sebanyak 17 kali. PON I di Solo, Jateng tahun 1948 dan terakhir, ke-17, berlangsung di Surabaya tahun 2008. Untuk tahun 2012 mendatang akan dilaksanakan di Pekan Baru, Riau,
Berikut daftar lengkap penyelenggaraan PON sejak awal dengan dilengkapi tempat, tanggal pelaksanaan, dan juara umum.






PON (Pekan Olahraga Nasional) I dilaksanakan tahun 1948 di Solo, Jawa Tengah. Even olahraga 4 tahunan ini, sudah 17 kali dilaksanakan dan yang terakhir (ke-17) dilaksanakan di Surabnaya, Jatim pada 2008. PON ke-18, empat tahun berikutnya, yakni 2012 akan diselenggarakan di Pekan Baru, Riau.
Sejarah penyelenggaraan PON mencatat pada pelaksanaan ke-6, tahun 1965, batal dilaksanakan karena terjadi perisriwa G 30 S/PKI.
Berikut daftar penyelenggaraan PON:
PON ke Tuan rumah Provinsi Tanggal, Bulan, Tahun Juara umum
I Solo Jawa Tengah 8-12 September 1948 Jawa Tengah
II Jakarta Jakarta 21-28 Oktober 1951 Jawa Barat
III Medan Sumatera Utara 20-27 September 1953 Jawa Barat
IV Makassar Sulawesi Seltn 27 Sep-6 Oktober 1957 Jakarta
V Bandung Jawa Barat 23 Sept-1 Oktober 1961 Jawa Barat
VI1 Jakarta Jakarta 8 Okt -10 Nov 1965 -
VII Surabaya Jawa Timur 26 Agt – Sept 1969 Jakarta
VIII Jakarta Jakarta 4 -15 Agustus 1973 Jakarta
IX Jakarta Jakarta 23 Juli-3 Agustus 1977 Jakarta
X Jakarta Jakarta 19 -30 September 1981 Jakarta
XI Jakarta Jakarta 9 -20 September 1985 Jakarta
XII Jakarta Jakarta 18 -28 Oktober 1989 Jakarta
XIII Jakarta Jakarta 9 -19 September 1993 Jakarta
XIV Jakarta Jakarta 9 -25 September 1996 Jakarta
XV Surabaya Jawa Timur 19 Juni -1 Juli 2000 Jawa Timur
XVI Palembang Sutr mSelatan 2 -14 September 2004 Jakarta
XVII Samarinda Kaltim 6 -18 Juli 2008 Jawa Timur
XVIII Pekan Baru Riau 9 – 20 Sept 2012
Sejarah Awal PON
Pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta telah terbentuk Persatuan Sepakbola yang bersifat kebangsaan dengan nama Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia disingkat PSSI dengan ketuanya Ir. Soeratin Sosrosugondo. Pembentukan persatuan nasional tersebut merupakan tindakan dari kalangan bangsa Indonesia, karena ingin mengatur Organisasinya sendiri. PSSI sejak tahun 1931 menyelenggarakan kompetisi tahunan antar kota/anggota, dan tidak ikut serta dalam pertandingan-pertandingan antar kota yang diadakan oleh Belanda.

sumber:http://tunas63.wordpress.com


»»  baca selanjutnya...

onma

bagaimana dengan blog saya menurut anda

( Translate ) Sodara mau terjemahkan tulisan pake bahasa apa silahkan